PERAMBATAN BUNYI MELALUI TULANG TENGKORAK
BAB I
TUJUAN
A.
Tujuan
Kegiatan
- Memahami
perambatan bunyi melalui tulang tengkorak dengan menggunakan garpu tala.
- Menerangkan
faktor-faktor yang mempengaruhi perambatan bunyi melalui tulang tengkorak
dengan menggunakan garpu tala.
B.
Kompetensi
Khusus
- Mahasiswa
dapat menerangkan mekanisme perambatan bunyi melalui tulang tengkorak dengan
menggunakan garpu tala.
- Mahasiswa
dapat menerangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perambatan bunyi melalui
tulang tengkorak dengan menggunakan garpu tala.
BAB II
DASAR TEORI
Telinga
merupakan alat penerima gelombang suara atau gelombang udara. Gelombang mekanik
ini kemudian akan diubah menjadi pulsa listrik dan diteruskan ke korteks
pendengaran melalui syaraf pendengaran. Jadi, telinga memiliki fungsi mengubah
gelombang suara menjadi impuls yang akan diteruskan ke pusat pendengaran di
otak.
Telinga
dibagi menjadi 3 bagian, antara lain :
a. Telinga
Luar
Telinga
luar terdiri dari daun telinga dan kanal telinga. Fungsi dari daun telinga
sebagai pengumpul energi bunyi dan dikonsentrasikan pada membran tympani. Pada
manusia, daun telinga dapat menangkap 6-8 dB. Pada kanalis telinga terdapat
malam (wax) yang berfunsi sebagai peningkat kepekaan terhadap frekuensi suara
3000-4000 Hz. Membran tympani tebalnya 0,1 mm, luasnya 65 mm2 akan
mengalami vibrasi dan diteruskan ke telinga bagian tengah, yaitu tulang telinga
(incus, malleus, dan stapes).
b. Telinga
Tengah
Telinga
tengah terdiri dari 3 buah tulang yaitu incus, malleus, dan stapes. Suara yang
masuk, 99,9 % akan mengalami refleksi dan hanya 0,1 % saja yang akan
ditransmisikan. Telinga bgian tengah ini memegang peran sebagai proteksi. Hal
ini dimungkinkan karena adanya tuba eustachii yang mengatur tekanan di dalam
telinga bagian tengah.
c. Telinga
Dalam
Telinga
dalam mengandung struktur spiral yang dikenal dengan cochlea dan berisikan
cairan. DI cochlea memiliki 3 ruangan yaitu ruangan vestibular, ductus
cochlearis, dan tympanil Pada cochlea terdapat 8000 konduktor yang berhubungan
dengan otak melalui syaraf pendengaran.
Gelombang
bunyi yang masuk melalui oval window menghasilkan gelombang bunyi yang
bergerigi mencapai membran basilar pada ductus cochlearis. Gelombang tersebut
diubah menjadi gelombang sinyal listrik dan diteruskan ke otak melalui syaraf
pendengaran.
Guna
mengetahui kehilangan pendengaran atau tuli konduksi atau tuli syaraf, dapat
dilakukan dengan tes pendengaran sebagai berikut :
1. Tes suara
berbisik
Telinga
dapat mendengar suara berbisik dengan nada rendah, misalnya suara konsonan dan
paralel b,p, t, m, n pada jarak 5-10 m. Suara berbisik dengan nada tinggi
misalnya suara desis s, z, ch, sh, shel pada jarak 20 m.
2. Tes Garpu
tala
Tes ini
digunakan untuk mengetahui apakah penderita tuli konduksi atau persepsi dengan
menggunakan garpu tala. Frekuensi garpu tala yang digunakan C128, C1024,
C2048. Ada tiga macam tes yang menggunakan garpu tala, antara
lain :
a. Tes Webber
Garpu tala
C128 digetarkan dan kemudian diletakkan pada vertex dahi. Pada
penderita tuli konduksi akan terdengan baik pada telinga yang sakit, misalnya
telinga kanan yang terdengar baik maka disebut Weber lateralisasi ke kanan.
b. Tes Rinne
Tes ini
membandingkan konduksi melalui tulang tengkorak dan udara, Garpu tala C128
kemudian diletakkan di belakang telinga, setelah tidak mendengar getaran lagi,
maka garpu tala dipindahkan di depan lubang telinga.
c. Tes
Schwabach
Tes ini
membandingkan jangka waktu konduksi tulang melalui verteks atau tulang di
belakang telinga penderita dnegan konduksi tulang si pemeriksa. Pada penderita
tuli konduksi, konduksi tulang penderta lebih panjang daripada si pemeriksa.
Pada tuli syaraf konduksi tulang sangat pendek.
BAB III
METODE PRAKTIKUM
Jenis Kegiatan : Observasi
Objek Pengamatan : -
Bahan dan Alat :
Untuk melakukan kegiatan
ini, praktikan menggunakan alat berupa
a) Garpu tala 426 Hz
b) Arloji/jam tangan
c) Mistar
d) Stopwatch
Prosedur Percobaan
a) Salah satu praktikan 1 menutup
telingahn kanan dengan kapas dan kedua mata dipejamkan.
b) Penguji (praktikan 2) memasang jam
tangan di dekat telingan kiri praktikan 1. Perlahan-lahan jam tangan dijauhkan
sampai praktikan 1 tidak mendengar lagi suara arloji. Mengukur dan mencatat
jarak antara arloji dengan telinga kiri praktikan 1. Kemudian perlahan-lahan
arloji di dekatkan lagi sampai praktikan 1 mendengar lagi suaranya. Mengukur
dan mencatat jarak antara arloji dengan telinga kiri praktikan 1. Mengulangi
percobaan di atas sampai 5 kali.
c) Melakukan cara yang sama pada pada
praktikan yang sama tetapi yang ditutup telinga kanan (telinga kiri disumbat
dengan kapas), mencatat hasil yang diperoleh pada lembar kerja.
Pecobaan Rinne
Ketajaman pendengaran dengan garpu tala
a) Menggetarkan garpu tala dan
meletakkan di puncak kepala. Mula-mula praktikan 1 mendengar suara garpu tala
tersebut keras dan makin lama suara garpu tala tersebut terdengar semakin lemah
dan akhirnya tidak terdengar. Mencatat waktu antara mendengar sampai tidak
mendengar suara lagi.
b) Pada saat praktikan 1 tidak mendengar
suara tersebut, dengan segera praktikan 2 memindahkan garpu tala ke dekat atau
lubang telinga kanan. Dengan pemindahan letak itu, maka praktikan 1 mendengar
suara garputala lagi. Mencatat waktu antara praktikan 1 mendengar sampai tidak
mendengar lagi di dekat atau di depan lubang telingan kanan.
c) Mengulangi percobaan tersebut sampai
lima kali dan mencatat hasilnya pada lembar kerja.
d) Melakukan percobaan tersebut untuk
telingan kiri dan juga mengulangi percobaanya sebanyak lima kali. Mencatat
frekuensi garpu tala yang dipakai dan hasil percobaan pada lembar kerja.
e) Membandingkan hasil yang diperoleh
antara telingan kanan dan kiri.
Percobaan Weber
a)
Praktikan
2 meletakkan pangkal garpu tala yang sudah pangkal garpu tala yang sudah
digetarkan di puncak kepala praktikan 1.
b)
Praktikan
1 menutup salah satu lubang telinga luarnya.
c)
Praktikan
2 menanyakan kepada praktikan 1 pada telinga mana suara garpu tala tersebut
terdengar lebih keras. Jika ternyata pada telinga yang ditutup suara garpu tala
terdengar lebih keras daripada telinga yangg terbuka maka dikatakan ada
lateralisasi.
d)
Melakukan
percobaan sejenis pada telinga lainnya.
e)
Membandingkan
hasil yang diperoleh untuk kedua telinga
f)
Mengambil
kesimpulan dari hasil percobaan tersebut, apakah seseorang tersebut tuli atau
tidak.
Hasil
Pengamatan
Berdasarkan
kegiatan praktikum yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut:
Tabel 1. Rekapitulasi Hasil
perhitungan jarak yang diperlukan untuk mendengarkan dan tidak
mendengarkan suara arloji pada telinga
kanan dan kiri.
No.
|
Kode nama
|
Telinga kanan (cm)
|
Telinga kiri (cm)
|
||
Tidak terdengar
|
Terdengar
|
Tidak terdengar
|
Terdengar
|
||
1.
|
ST
|
52
|
49
|
39
|
50
|
2.
|
ILY
|
100,2
|
94,2
|
108,4
|
93
|
3.
|
QM
|
42
|
48,2
|
64,4
|
55,6
|
4.
|
ND
|
35
|
20
|
35
|
42
|
5.
|
IIF
|
58,8
|
69,8
|
60,4
|
53,4
|
6.
|
IDT
|
134,6
|
135,4
|
69,6
|
66,4
|
7.
|
DDM
|
75,6
|
81,6
|
55,8
|
53,0
|
8.
|
APK
|
93
|
88,2
|
94,8
|
86
|
9.
|
RZ
|
106,4
|
113,6
|
122,4
|
131,6
|
10.
|
SL
|
18,6
|
13,8
|
15,2
|
11,6
|
11.
|
RL
|
9,4
|
5,4
|
9
|
4,2
|
12.
|
NRW
|
13,8
|
12,4
|
15,8
|
14,2
|
13.
|
MR
|
8
|
5
|
6
|
3,6
|
14.
|
OT
|
41
|
31,8
|
45
|
35,8
|
15.
|
JA
|
17,4
|
12,4
|
19,8
|
12,4
|
16.
|
TU
|
32,2
|
16,6
|
54,8
|
20,4
|
17.
|
DS
|
67,8
|
47
|
66,6
|
45,2
|
18.
|
ELY
|
26,6
|
21,4
|
19,8
|
33,4
|
19.
|
RRS
|
29,8
|
45,2
|
50,0
|
47,2
|
20.
|
SRY
|
31,8
|
32,6
|
33,0
|
24,4
|
21.
|
IKA
|
24,6
|
27,2
|
29,6
|
29,2
|
22.
|
AM
|
60,8
|
57,6
|
99,2
|
106,6
|
23.
|
FK
|
50,6
|
37,6
|
34,2
|
29,4
|
24.
|
RZ
|
106,4
|
89
|
93,6
|
78,6
|
25.
|
RY
|
38,8
|
32,6
|
42,8
|
37,6
|
Rata-Rata
|
51,008
|
47,504
|
51,368
|
46,592
|
Gambar 1. Diagram batang perbandingan jarak rata-rata antara
suara arloji dan telinga kanan ketika tidak terdengar dan ketika terdengar
kembali pada telinga kanan
Gambar 2. Diagram batang perbandingan jarak rata-rata antara
suara arloji dan telinga kiri ketika tidak terdengar dan ketika terdengar
kembali pada telinga kiri
Tabel 2. Data Hasil Tes Rinne pada
telinga kanan
No.
|
Probandus
|
Garputala 426 Hz (sekon)
|
Keterangan
|
|
Kepala
|
Telinga
|
|||
1.
|
ST
|
7,48
|
4,64
|
Rinne
(-)
|
2.
|
ILY
|
6,92
|
4,76
|
Rinne
(-)
|
3.
|
QM
|
4,76
|
3,12
|
Rinne
(-)
|
4.
|
ND
|
5
|
7
|
Rinne
(+)
|
5.
|
IIF
|
4,28
|
2,32
|
Rinne
(-)
|
6.
|
IDT
|
4
|
5,2
|
Rinne
(+)
|
7.
|
DDM
|
5,68
|
8,04
|
Rinne (+)
|
8.
|
APK
|
6,42
|
6,68
|
Rinne (+)
|
9.
|
RZ
|
3
|
5,2
|
Rinne (+)
|
10.
|
SL
|
5,78
|
7,6
|
Rinne (+)
|
11.
|
RL
|
4,64
|
6
|
Rinne (+)
|
12.
|
NRW
|
4,32
|
6,2
|
Rinne (+)
|
13.
|
MR
|
4,38
|
6,28
|
Rinne (+)
|
14.
|
OT
|
2,89
|
3,14
|
Rinne (+)
|
15.
|
JA
|
0,34
|
0,2
|
Rinne (-)
|
16.
|
TU
|
0,48
|
0,12
|
Rinne (-)
|
17.
|
DS
|
3,5
|
2,44
|
Rinne (-)
|
18.
|
ELY
|
5,7
|
9,4
|
Rinne
(+)
|
19.
|
RRS
|
6,0
|
5,8
|
Rinne
(-)
|
20.
|
SRY
|
4,6
|
4,2
|
Rinne
(-)
|
21.
|
IKA
|
6,4
|
8,6
|
Rinne (+)
|
22.
|
AM
|
2,1
|
14,7
|
Rinne (+)
|
23.
|
FK
|
5,2
|
7
|
Rinne (+)
|
24.
|
RZ
|
2,7
|
9,7
|
Rinne (+)
|
25.
|
RY
|
3,4
|
17,7
|
Rinne (+)
|
Tabel 3. Data Hasil Tes Rinne pada
telinga kiri
No.
|
Probandus
|
Garputala 426 Hz (sekon)
|
Keterangan
|
|
Kepala
|
Telinga
|
|||
1.
|
ST
|
7,52
|
5,76
|
Rinne
(-)
|
2.
|
ILY
|
6,96
|
3
|
Rinne
(-)
|
3.
|
QM
|
5,4
|
4,76
|
Rinne
(-)
|
4.
|
ND
|
5
|
4
|
Rinne
(-)
|
5.
|
IIF
|
4,88
|
2,96
|
Rinne
(-)
|
6.
|
IDT
|
4,2
|
5,8
|
Rinne (+)
|
7.
|
DDM
|
6,18
|
11
|
Rinne (+)
|
8.
|
APK
|
6,16
|
10,76
|
Rinne (+)
|
9.
|
RZ
|
4
|
5,8
|
Rinne (+)
|
10.
|
SL
|
6
|
7,58
|
Rinne (+)
|
11.
|
RL
|
6,02
|
8,6
|
Rinne (+)
|
12.
|
NRW
|
4,4
|
7,2
|
Rinne (+)
|
13.
|
MR
|
4,16
|
6,32
|
Rinne (+)
|
14.
|
OT
|
2,3
|
2,5
|
Rinne (+)
|
15.
|
JA
|
0,42
|
0,28
|
Rinne (+)
|
16.
|
TU
|
0,54
|
0,14
|
Rinne (-)
|
17.
|
DS
|
2,7
|
3,8
|
Rinne (+)
|
18.
|
ELY
|
6,2
|
9,6
|
Rinne (+)
|
19.
|
RRS
|
5,2
|
5,6
|
Rinne (+)
|
20.
|
SRY
|
5,2
|
5,6
|
Rinne (+)
|
21.
|
IKA
|
5,8
|
7,4
|
Rinne (+)
|
22.
|
AM
|
1,9
|
13,4
|
Rinne (+)
|
23.
|
FK
|
5,2
|
6
|
Rinne (+)
|
24.
|
RZ
|
2,9
|
10,9
|
Rinne (+)
|
25.
|
RY
|
4,0
|
11,2
|
Rinne (+)
|
Tabel 4. Data Hasil Tes Weber
No.
|
Probandus
|
Suara garpu tala terdengar lebih keras pada telinga yang ditutup
daripada telinga yang terbuka
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
ST
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
2
|
ILY
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
3
|
QM
|
√
|
-
|
Ada lateralisasi
|
4
|
ND
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
5
|
IIF
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
6
|
IDT
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
7
|
DDM
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
8
|
APK
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
9
|
RZ
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
10
|
SL
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
11
|
RL
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
12
|
NRW
|
√
|
-
|
Ada lateralisasi
|
13
|
MR
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
14
|
OT
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
15
|
JA
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
16
|
TU
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
17
|
DS
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
18
|
ELY
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
19
|
RRS
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
20
|
SRY
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
21
|
IKA
|
√
|
-
|
Ada lateralisasi
|
22
|
AM
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
23
|
FK
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
24
|
RZ
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
25
|
RY
|
√
|
-
|
Ada
lateralisasi
|
PEMBAHASAN
Kegiatan praktikum ini
bertujuan untuk memahami perambatan bunyi melalui tulang tengkorak dengan
enggunakan garpu tala. Selain itu, melalui kegiatan ini memiliki tujuan
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perambatan bunyi melalui tulang
tengkorak. Kegiatan meliputi 2 kegiatan tes, yaitu tes Rinne dan tes Weber.
Pada awal kegiatan, dilakukan tes kepekaan telinga kepada beberapa probandus
dengan cara memeberikan tes bisik dengan menggunakan suara detak jam tangan
atau arloji. Tes bisik dilakukan dengan mencatat jarak ketika suara jam tangan
atau arloji terdengar saat dijauhkan secara perlahan dari telinga probandus,
dan mencatat jarak ketika suaa jam tangan atau arloji terdengar kembali pada
saat jam tangan atau arloji tersebut didekatkan secara perlahan. Pengujian ini
dilakukan untuk telinga kanan dan kiri untuk setiap probandus. Jika jarak yang
tercatat semakin jauh, maka dapat dikatakan bahwa tingkat kepekaan telinga
semakin baik. Berdasarkan hasil tes bisik ini dapat diketahui tingkat kepekaan
paling tinggi dan paling rendah untuk telinga kanan dan kiri. Pada telinga
kanan, tingkat kepekaan paling tinggi dan paling rendah secara berturut-turut
adalah probandus IDT dan MR. Pada telinga kiri, tingkat kepekaan paling tinggi
dan paling rendah adalah RZ dan MR.
Pada kegiatan tes
bisik, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tes kepekaan telinga ini.
Beberapa faktor yang mempengaruhi tes kepekaan telinga ini, antara lain kondisi
lingkungan yang kurang hening sehingga mampu mempengaruhi suara jam tangan atau
arloji yang terdengar, detak dari sumber bunyi yang berbeda, dan human error dari praktikan. Sumber bunyi
yang menghasilkan detak yang digunakan terdapat perbedaan, beberapa praktikan
menggunakan jam tangan dengan detak yang lemah dan beberapa lagi menggunakan
arloji dengan detak yang lebih kuat. Hal ini dianggap mampu mempengaruhi tes
kepekaan telinga. Tes kepekaan telinga ini dapat digunakan sebagai indikator
adanya gangguan pendengaran dari probandus. Terdapat dua macam gangguan
pendengaran yang berkaitan dengan penurunan kualitas pendengaran, yaitu akibat
tuli konduksi dan akibat tuli syaraf atau sensoriurneal. Guna mengetahui
gangguan pendengaran ini, perlu dilakukan tes lebih lanjut, yaitu tes
pendengaran Rinne dan Weber.
Tes Rinne dilakukan dengan cara menggetarkan garpu tala dan
kemudian tangkainya diletakkan di prosesus
mastoideus. Ketika sudah tidak terdnegar, maka garpu tala dipindah ke dekat
lubang telinga. Tes Rinne positif jika konduksi tulang sama atau lebih panjang
jika dibandingkan dengan konduksi udara. Berdasarkan tes Rinne yang telah
dilakukan terhadap 25 probandus, diketahui bahwa sebanyak 9 probandus
menunjukkan hasil Rinne (-) dan 16 probandus menunjukkan hasil Rinne (+) pada
telinga kanan. Sedangkan pada telinga kiri menunjukkan bahwa sebanyak 6
probandus memperlihatkan hasil Rinne (-) dan sebanyak 19 pobandus
memperlihatkan hasil Rinne (+). Pada seseorang yang menunjukkan hasil Rinne (-)
ditandai dengan adanya tuli konduksi yaitu jarak waktu konduksi tulang sama
atau lebih panjang, sedangkan seseorang yang menunjukkan hasil Rinne (+)
artinya pendengaran baik ataupun penderita tuli persepsi (syaraf).
Selain tes Rinne, dilakukan pula tes Webber. Tes webber
dilakukan dengancara menggetarkan garpu tala dan meletakkan di garis tengah kepala.
Jika suara garpu tala terdengar lebih keras pada telinga yang ditutup daripada
telinga yang terbuka, maka seseorang tersebut mengalami lateralisasi.
Berdasarkan tes Weber yang telah dilakukanterhadap 25 probandus, diketahui
bahwa seluruh probandus mengalami lateralisasi karena seluruh probandus
mendengar suara garpu tala yang lebih keras pada telinga yang ditutup jika
dibandingkan dengan telinga yang terbuka.
Gangguan pendengaran dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1. Gangguan
pendengaran Sensorineural
Gejala yang ditemui untuk gangguan pendengaran ini, antara
lain :
- Penderita
akan lebih sulit mendengar atau memahami suara maupun percakapan dalam keadaan
bising dibandingkan dalam keadaan yang sunyi.
- Jika
gangguan pendengaran bilateral dan sudah lama diderita, maka seseorang yang
menderita cendderung akan berbicara lebih keras dan terkesan seperti
bersitegang dibandingkan dengan orang normal.
- Penderita
memiliki riwayat trauma kepala, akustik, pemakaian obat-obatan ototoksik,
maupun penyakit sistemik (Soetirto, 2001)
2.
Gangguan pendengaran Konduksi
Gangguang pendengaran konduksi ini terjadi karena transmisi
gelombang suara tidak dapat mencapai telinga bagian dalam secara efektif. Hal
ini disebabkan oleh beberapa gangguan atau lesi pada saluran telinga luar,
rantai tulang pendengaran, ruang telinga tengah, fenestra ovalis, fenestra rotunda, dan tuba auditiva.
Gejala yang sering ditemui pada gangguan pendengaran
konduktif, antara lain :
- Penderita
merasa terdapat cairan di dalam telinga dan cairan tersebut dirasa bergerak
seiring perubahan posisi kepala.
- Gangguan
disertai tinitus.
- Terdapat
riwayat infeksi telinga pada masa sebelumnya.
- Penderita
terkadang mendengar lebih jelas pada situasi yang ramai.
- Jika kedua
telinga mengalami gangguan, penderita biasanya berbicara dengan suara lembut
khususnya bagi penderita otosklerosis (Lalwani, 2008)
KESIMPULAN :
Berdasarkan kegiatan dan pembahasan yang telah dilakukan,
dapat ditarik beberapa kesimpulan, yaitu :
1.
Tes pendengaran Rinne dan Weber digunakan untuk
menentukan waktu dan jarak konduksi oleh telinga.
2.
Faktor yang mempengaruhi gangguan pendengaran konduksi
(perambatan bunyi) adalah adanya wax atau lilin di dalam telinga bagian tengah.
DAFTAR PUSTAKA
Djukri dan Heru N. 2015. Petunjuk Praktikum Biologi Lanjut.
Yogyakarta: PPs UNY.
Lalwani, A.K., 2008. Disoreders of Smell, Taste and Hearing Dalam: Harrison’s Principle of Internal
Medicine. 17th ed. US: Mc Graw Hill: 199-204.
Harrah's Casino & Hotel Las Vegas, NV - Mapyro
BalasHapusHarrah's Casino 보령 출장안마 & 피망 포커 Hotel Las Vegas 이천 출장마사지 · The Strip · Experience a 구미 출장샵 full-service spa and salon · View room rates, 진주 출장마사지 amenities: expert Las Vegas research, only at